Minggu, 15 November 2015

Keunggulan Kompetitif Pada Teknologi Informasi (pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara)

Apa sih Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) itu?

KPPN (KANTOR PELAYANAN PEMBENDAHARAAN NEGARA) adalah instansi vertical Ditjen pembendaharaan yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada kepalan Kanwil Ditjen Pembendaharaan, direktur pengelolaan kas Negara atau direktur sistem managemen investasi.

Organisasi KPPN diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/ PMK.01/2012 tentang organisasi dan tata letak organisasi dan tata kerja instant vertical direktorat jendral pembendaharaan. 
Media komunikasi peluncuran SPAN sebaagai sistem didalam KPPN telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonsia pada tanggal 29 april 2015 di Istana Negara. 

MENGENAL LBEIH JAUH SPAN !!!
SISTEM PEMBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA 

Sistem berbasis COTS; 
Sistem dengan platform ERP 
Sistem dengan perekaman data hanya satu kali 
Sistem dengan business rules baku 
Sistem yang terhubung secra on-line 

Untuk mewujudkan e-government sesuai dengan intruksi presiden Indonesia No. 3 tahun 2003 tanggal 9 juni 2003, pemerintah mengandakan proyek peyempurna management keuangan dan administrasi penerimaan pemerintah. SPAN merupakan sub-program dari program reformasi keuangan publik terbesar adalah dalam hal modernisasi penganggaran dan pembendaharaan.

Berdasarkan PMK No. 276tahun 2008 program reformasi SPAN dilaksanakan melalui 3 komponen utama yaitu: reformasi proses bisnis, reformasi sistem teknologi informasi dan tata kelola Perubahan. Proses reformasi bisnis dikembangkan melali beberapa modul : 
  • Perencanaan anggaran (budget preparation ) 
  • Management DIPA (management if spending authority) 
  • Managemen komitmen (commitment management) 
  • Manajemen pembayaran ( payment management ) 
  • Manajemen kas (cash management) 
  • Akuntansi(general ledger and chart of account) 
  • Pelaporan ( reporting) 

Tujuan dilaksanakan program reformasi program reformasi sistem pembendaharaan dan anggaran Negara sesuai PMK 276 tahun 2008 : 
  • Mengendalian anggaran Negara, assets dan kewajiban pusat 
  • Menyediakan informasi yang komprehensif dapat dipercaya 
  • Tersedianya sistem pelaporan manajerial tentang operasi keuangan pemerintah yang komprehensif, dapat diandalkan dan realtime 
  • Terwujudnya tahapan transisi penerapan sistem akuntansi dari berbasis kas ke berbasis akrual 
  • Terlaksanakan pelayanan kepada publik yang efisien 
Visi SPAN adalah:
“Terwujudnya pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara yang transparan dan akuntabel, aman dan mudah diterapkan dengan dukungan sistem informasi manajemen keuangan yang terintegrasi” 

Misi SPAN adalah: 
  • Mengembangkan proses bisnis secara berkelanjutan dengan mendasarkan pada praktek peyelengaraan yang sesuai dan terbaik, system yang aman, akurat dan handal 

  • Menerapkan paket solusi yang terintegrasi untuk mendukung system yang aman, akurat dan handal 


  • Memastikan diterimanya perubahan oleh pemangku kepentingan danmemberikan solusi lengkap terhadap dampak perubahan. 

KEUNGGULAN SPAN: 
  • Integrasi data 
  • Secara online 
  • Perubahan prosedur kerja 
  • Adanya penyempurnaan prosedur kerja 
  • Perubahan system aplikasi 
  • Adanya penyempurnaan systemperubahan organisasi 
Pilar SPAN : 
  • Penyempurnaan proses bisnis (BPI) 
  • Teknologi informasi 
  • Manajemen perubahan dan komunikasi (CMC)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Posting Komentar