Jumat, 22 November 2013

Tugas Pengantar Komputer 1B : Perintah Pada MS DOS


MS-DOS
Singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Perintah-Perintah Internal DOS
·         CLS : Clear Screen digunakan untuk membersihkan semua tulisan yang ada di layar computer.

Setelah menggunakan perintah cls maka tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini :

·         MD / MKDIR (Make directory) : Perintah untuk membuat direktori / folder. Bentuk umum: 

·         CD /CHDIR (Change Directory) : Change directory atau pindah directory. Perintah ini digunakan untuk pindah directory atau mengubah directory aktif.

Setelah menggunakan perintah CD maka tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini :


·         REN : Digunakan untuk mengubah (Rename) nama file dengan file yang baru. Perintah ini tidak akan mengubah isi dari file tersebut. Bentuk umumnya:

·         DATE : Berfungsi untuk mengubah tanggal dari system dos.Bentuk/format pengisiannya adalah  mm-dd-yy atau bulan,tanggal,tahun.

·         TIME : Digunakan untuk merubah system waktu yang ada pada dos:


·         VER : Digunakan untuk menampilkan versi DOS yang digunakan.

·         VOL : Perintah ini digunakan untuk menampilkan Volume label atau nomor seri dari sebuah disk.


·         DIR : Perintah dir digunakan untuk melihat isi sebuah directory. Bentuk umumnya :

·         Copy : Perintah ini digunakan untuk menyalin atau mengkopy file. Bentuk umum perintah ini adalah sebagai berikut :

·         TYPE : Digunakan untuk menampilkan file text.perintah ini hanya bisa digunakan untuk satu file saja dan hanya untuk file text.


·         DEL : Berfungsi untuk menghapus atau mendelete file. Bentuk umum :


·         Exit : Berfungsi untuk mengeluarkan atau menutup papan Command Prompt.

0 komentar:

Posting Komentar