Rabu, 19 November 2014

AKM 1B - Laporan Laba Rugi, Neraca dan Laporan Arus Kas


A.    Pengertian Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.
Laporan Laba Rugi Mempunyai 2 Unsur Yaitu Pendapatan Dan Beban/Biaya.
1.      Pendapatan                
2.      Beban
           Dalam laporan rugi laba ada sejumlah elemen atau istilah yang melekat secara umum. Elemen ini tercatat dalam laporan rugi laba perusahaan. Antara lain:
a.       Pendapatan (Revenue)  
b.      Beban (expense)         
c.       Laba (Profit)  
d.      Rugi (Loss)
Contoh Laporan Laba Rugi

B.     Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menunjukkan sebab-sebab adanya perubahan modal, dari modal awal sampai dengan modal akhir periode. Dalam laporan perubahan modal ditunjukkan dengan perhitungan antara modal pemilik awal periode ditambah laba bersih seperti yang tercantum dalam laporan laba/rugi, kemudian dikurangi dengan pengambilan pribadi pemilik (prive), sehingga diperoleh modal pemilik akhir periode
CONTOH :

C.    Pengertian Neraca
Neraca atau laporan posisi keuangan adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa neraca terdiri dari tiga bagian utama, yaitu aset, kewajiban dan ekuitas.
    1. Aset                 b. Kewajiban               c. Ekuitas
CONTOH :

D.    Laporan Arus Kas
Laporan arus kas (Inggris: cash flow statement atau statement of cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang sumbernya dari penggunaan kas. Dalam bentuk laporan arus kas terdiri atas 3 bagian yaitu :
  1. Kas dari aktivitas operasi
  2. Kas dari aktivitas Investasi
  3. Kas dari Aktivitas Pendanaan

0 komentar:

Posting Komentar