Senin, 10 November 2014

SoftSkill-Kesehatan

INSOMNIA


Insomnia atau susah tidur adalah suatu gangguan atau gejala yang menyebabkan penderitanya tidak bisa menikmati kualitas tidur yang baik. Menurut derajat gangguan yang disesabkannya, insomnia dibagi menjadi dua tahap atau level. Yakni tahap ringan dan berat. Pada penderita insomniaringan, mereka masih bisa tertidur hanya saja didalam tidurnya mereka mudah terbangun sendiri pada sela-sela tidurnya, dan ketika mereka terbangun akan sulit untuk tidur kembali.
Sedangkan mereka yang mengidap insomnia berat, biasanya sampai pada kondisi tidak bisa tidur pada malam hari. Kondisi ini tentu saja berakibat buruk bagi kesehatan, mengingat tidur adalah bagian dari mekanisme tubuh yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan dan serta peremajaan sel dan jaringan tubuh yang rusak.
Orang yang menderita insomnia biasanya cenderung gelisah dan tidak tenang. Hal ini disebabkan ketidak-seimbangan mekanisme tubuh sebagai akibat tidak terpenuhinya kebutuhan tidur atau istirahat yang cukup. Penyebab insomnia sendiri menurut asalnya dibagi menjadi dua, yakni penyebab internal dan eksternal.
Penyebab Insomnia Atau Susah Tidur Internal Tubuh
Yang dimaksud dengan penyebab internal insomnia adalah penyebab gangguan susah tidur yang berasal dari dalam tubuh, seperti :
Kelainan atau gangguan medis. Kelainan atau gangguan medis, atau yang lebih akrab kita sebut sebagai kondisi sakit tentu saja menyebabkan penderitanya kesulitan untuk mendapatkan tidur sehat ( tidur yang cukup kuantitas dan baik kualitasnya ). Gangguan medis ini bisa berupa gangguan pencernaan, astma, jantung, penyakit parkinson, penyakit alzheimer dan gangguan kelainan gerakan anggota tubuh yang sulit dikontrol.
Kelainan psikiatris atau gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan ini bisa berupa stress, depresi, kekhawatiran akan sesuatu, gangguan obsesif- impulsif, rasa panik berlebihan dan juga trauma yang tentu saja menyebabkan penderitanya susah mendapatkan kualitas tidur yang baik.
Penyebab eksternal insomnia atau susah tidur
Sedangkan penyebab eksternal dari insomnia adalah adanya gangguan yang berasal dari luar tubuh. Gangguan ini biasanya berupa kondisi lingkungan yang tidak nyaman seperti suara bising, tempat tidur atau kasur yang tidak nyaman, udara yang terlalu panas atau terlalu dingin. Kondisi lingkungan tersebut dapat membuat kita sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat. Dan jika kondisi tersebut dibiarkan berlangsung terus-menerus atau kontinyu dapat menyebabkan insomnia.
Selain dari penyebab internal dan eksternal tersebut, insomnia juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik seperti konsumsi alkohol, pemakaian narkoba, efek dari kecanduan merokok dan kebiasaan tidur terlalu larut atau terlambat. Mengingat pentinganya tubuh mendapatkan tidur sehat yang cukup kuantitasnya dan baik juga kualitasnya, maka sebaiknya kita berhati-hati agar tidak mengidap insomnia.
Perhatian terhadap gejala insomnia ini juga penting karena biasanya kita cenderung abai terhadap gejala-gejala insomnia yang muncul disebabkan tidak langsung terasanya efek buruk insomnia bagi kesehatan kita.
Cara Mengatasi Insomnia
Cara mengatasi insomnia tergantung dari penyebab dan beratnya insomnia. Kesulitan tidur yang dialami orang lanjut usia biasanya tidak membutuhkan pengobatan tertentu. Hal ini dikarenakan perubahan tidur yang dialami orang tua dinilai normal seiring bertambahnya usia. Namun bagi mereka yang menderita insomnia pada usia muda dan masih produktif, disarankan untuk rileks, santai, dan tenang beberapa jam sebelum tidur . Selain itu buatlah suasana senyaman mungkin di kamar tidur, tidak berisik ataupun cahaya yang redup. Apabila penyebabnya stres emosional, biasanya para pasien diberi obat pereda stres . Apabila penyebabnya depresi, biasanya diberikan obat anti-depresi.
Jika anda merasa kesulitan tidur, bisa jadi itu merupakan insomnia atau gangguan tidur lainnya. Untuk mengetahui kepastiannya, segeralah berkonsultasi kepada dokter agar dapat diketahui penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat.


 Sumber :
http://www.artikelkesehatan.info/insomnia/
http://www.artikelkesehatan99.com/insomnia-dan-segala-informasinya/

0 komentar:

Posting Komentar